Tips dan Trik | Mengenal Apa itu Motherboard dan Pengertiannya

Mengenal Apa itu Motherboard dan Pengertiannya

Pengertian Motherboard (papan induk) dan Sejarahnya beserta fungsi nya - Hardware atau dalam bahasa Indonesia sering disebut perangkat keras komputer merupakan bagian komputer yang wujudnya dapat terlihat dan disentuh. Hardware juga dapat diartikan sebgai alat yang dapat menerima dan mengolah data. Saat ini, banyak sekal hardware yang bekerja pada komputer, baik hardware utama maupun hardware tambahan. Salah satu perangkat keras yang akan dibahas adalah Motherboard (papan iduk) dan sejarah perkembangan nya .

Baca Juga :Mengenal Apa itu Processor Komputer

Pengertian Motherboard

Motherboard merupakan perangkat keras komputer yg mempunyai kiprah primer dan paling penting. Di mana pada pada cara kerjanya, motherboard mengemban tugas buat mengatur hal-hal teknis seputar BIOS (Basic Input Output System), Chipset (pengatur koneksi input-hasil), RAM (memori penyimpanan data ad interim), VGA card (memori penyimpan data grafis), prosesor, dan Additional card (PCI, ISA), Di bawah ini merupakan komponen nama komponen motherboard :

Mengenal Apa itu Motherboard dan Pengertiannya

? Fungsi Motherboard

Motherboard berfungsi sebagai pusat semua perangkat keras komputer agar semua perangkat keras komputer bisa berhubungan antara komponen yang satu dengan komponen yang lain. Sebagai contoh: processor, Memori(RAM) ,hard disk , optical drive, keyboard, mouse, monitor dan semua perangkat keras komputer dipasang dan dihubungkan menggunakan motherboard.

Sejarah Perkembangan Motherboard

Mengenal Apa itu Motherboard dan Pengertiannya

Motherboard pertama kali dibuat pada tahun 1977, oleh Apple untuk Apple II-nya. Sebagai informasi, dulu komponen-komponen komputer seperti seperti CPU dan memori ditempatkan di satu kartu tersendiri, dan dihubungkan dengan kabel-kabel. Tampilannya sangat ruwet.

Karena sangat repot menghubungkan satu komponen PC dengan komponen lainnya, para pengembang produk komputer punya ide untuk membuat satu tempat khusus untuk menampung berbagai periferal komputer. Terciptalah suatu papan lebar yang berisis beragam slot sebagai tempat menyolokkan komponen-komponen PC. Papan itu dinamaimotherboard.

Pada pengembang awal dari motherboard adalah perusahaan Micronics, Mylex, AMI, Huppauge, Orchid Technology, Elitegroup, dan DFI. Selain itu, masih ada beberapa produsen moherboard lain dari Taiwan.

Antara tahun 1980 sampai 1990, penggabungan beberapa fungsi periferal ke dalam motherboard mendorong pencitraan motherboard ke dalam bentuk yang makin ekonomis. Integrasi pertama yang dilakukan adalah dengan menggabungkan slot keybor, mouse, dan floopy drive, serta port serial dan port paralel ke dalam motherboard.

Jika Anda perhatikan, hingga saat ini standar bentuk dari motherboard pun masih berubah-ubah. Standar awal yang pertama kali digunakan digunakan adalah PC/XT, dan dipakai IBM. Setelah itu, muncul lagi AT (Advance Technology). Setelah AT, muncul standar baru yang hingga kini masih digunakan, yaitu ATX (Advance Technology Extension). Standar ATX lalu dimodifikasi menjadi Mini ATX dan Micro ATX.

Saat ini, Intel pula mengeluarkan baku BTX (Balanced Technology Extension). Sayangnya, pasar belum tertarik buat menggunakannya. Penghasil personal komputer VIA juga mengeluarkan baku yg dipakainya sendiri, yaitu kecil ITX.

Perubahan dalam desain dan teknologi motherboard terus berkembang. Di awal tahun 2000-an, pengintegrasian diperluas. Motherboard kini dilengkapi fitur sound dan VGA yang langsung menempel di badannya, istilah lainnya onboard. Fitur lainnya yang kini bisa didapat dari beberapa motherboard berupa konektivitas USB, FireWire, dan LAN.

Ada beberapa perusahaan yang memproduksi motherboar diantaranya :

?Asus

Mengenal Apa itu Motherboard dan Pengertiannya

Gambar:ASUS M5A78L-M PLUS/USB3 AM3 AMD 760G (780L) / SB710 USB 3.0 HDMI Micro ATX Motherboards - AMD

Nama Asus mungkin sudah terdengar sangat familiar di telinga kita, perusahaan Asus dibuat pada tahun 1989, ketika empat insinyur komputer, yaitu Wayne Hsieh, Ted Hsu, MT Liao dan TH Tung berniat mendirikan perusahaan baru untuk memajukan industri TI di Negara Taiwan. ASUS dianggap sebagai produsen terbesar di dunia, ketika datang ke motherboard, dan salah satu merek motherboard terbaik untuk gaming. Asustek, selain dari membuat motherboard, juga membuat banyak konsumen elektronik PC lainnya, yang dijual di seluruh dunia. ASUS telah memiliki hubungan dengan Intel yang dapat ditelusuri kembali ke hari dari rilis dari CPU 486. Oleh karena itu, ASUS menerima sampel sebelum Intel CPU, sebelum produsen lain. ASUS terkenal sebagai salah satu merek motherboard terbaik .

MSI

Mengenal Apa itu Motherboard dan Pengertiannya

Gambar :MSI Z97A Gaming 6 USB 3.1

perusahaan ini didirikan dalam tahun 1986, & telah ada sebagai keliru satu merek motherboard terbaik 2010. Banyak model-model baru berdasarkan motherboard MSI adalah produk dibuat menggunakan baik, yang bisa dibandingkan dengan merek seperti ASUS & Gigabyte, motherboard MSI Namun biaya kurang. Papan pula sudah pengiriman menggunakan suite yg baik menurut perangkat lunak. Merek ini sangat buruk memahami, namun tampaknya menjadi keliru satu yg handal, & nilai baik buat uang.

GigaByte

Mengenal Apa itu Motherboard dan Pengertiannya
Add caption

Gambar :Gigabyte ATX DDR3 LGA 1150 SATA DIMM 6Gb/s Motherboard (GA-Z97X-UD3H)

GIGABYTE Didirikan pada tahun 1986, bermarkas diTaipei, Taiwan, dikenal sebagai merk terkemuka di dunia industri IT. GIGABYTE memulai dari pengembangan dan penelitian dan sejak saat itu menjadi salah satu pemimpin pasar untuk motherboard dan kartu grafis.. Motherboard Gigabyte selalu mendapatkan apresiasi yang baik dari situs pasokan komputer yang berbeda. Kepuasan pelanggan secara keseluruhan untuk motherboard Gigabyte adalah positif, dan mereka memiliki tingkat kepuasan pelanggan yang solid. Juga, mereka dianggap top-notch, ketika datang untuk menjaga dengan teknologi baru.

? INTEL

Mengenal Apa itu Motherboard dan Pengertiannya

Gambar :Intel D975XBX Motherboard

Intel Corporation didirikan 1968 adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat diAmerika Serikat, Intel mungkin sudah tidak asing sebagai pemembuat salah satu prosesor komputer yang terbaik, tetapi banyak orang tidak tahu bahwa mereka juga membuat motherboard kelas dunia. Ketika datang ke motherboard manufaktur, Intel memiliki manfaat yang berbeda, karena memiliki pengetahuan dalam spesifikasi prosesor dan chipset, yang membantu untuk membuat motherboard kinerja yang stabil dan tinggi. Namun, kelemahan motherboard Intel, mereka hanya kompatibel dengan prosesor Intel.

Baca Juga :Cara Mempercepat Koneksi Internet Dengan CMD

Tips dan Trik | Mengenal Apa itu Motherboard dan Pengertiannya Tips dan Trik | Mengenal Apa itu Motherboard dan Pengertiannya Reviewed by Sanjaya on Mei 06, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.