Tips dan Trik | Mengenal Apa itu Processor Komputer

Mengenal Apa itu Hardware Komputer

Apa sih input output itu? input adalah perangkat masukan untuk memasukan data kita ke dalam komputer, sedangkat output adalah perang yangu apa itu hardware beserta fungsinya.

Apa sih itu hardware ? hardware a tujuan nya mengeluarkan data kita keluar komputer

Apa aja perangkat input dan output? Input > Mouse,keyboard,joystick,touchpad,scanner,microphone  dan masih banyak lagi,

Output> speaker, headset, printer, monitor.

Nah pulang lagi ke perangkat keras yaitu hardware selanjutnya kita akan menjelaskan apa Processor yg ada pada personal komputer , eksklusif saja simak.

Processor

Mengenal Apa itu Hardware Komputer

Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.

Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang.

ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tadi adalah hitungan kecepatan prosesor dalam memasak data atau fakta. Merk prosesor yg poly beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, & Intel. Bagian berdasarkan Prosesor Bagian terpenting berdasarkan prosesor terbagi tiga yaitu :

  • Aritcmatics Logical Unit (ALU)
  • Control Unit (CU)
  • Memory Unit (MU)
Sejarah Perkembangan Processor

Dimulai Sejak di bawah ini :

1971 : 4004 Microprocessor

Pada tahun 1971 munculah microprocessor pertama Intel , microprocessor 4004 ini dipakai dalam mesin kalkulator Busicom. Dengan inovasi ini maka terbukalah jalan buat memasukkan kecerdasan protesis pada benda mati.

1972 : 8008 Microprocessor

Pada tahun 1972 munculah microprocessor 8008 yang berkekuatan dua kali lipat menurut pendahulunya yaitu 4004.

1974 : 8080 Microprocessor

Menjadi otak dari sebuah komputer yg bernama Altair, dalam ketika itu terjual lebih kurang sepuluh ribu pada 1 bulan

1978 : 8086-8088 Microprocessor

Sebuah penjualan penting dalam divisi personal komputer terjadi pada produk buat personal komputer langsung protesis IBM yang menggunakan prosesor 8088 yang berhasil mendongkrak nama intel.

1982 : 286 Microprocessor

Intel 286 atau yg lebih dikenal menggunakan nama 80286 merupakan sebuah processor yg pertama kali bisa mengenali dan memakai perangkat lunak yang digunakan buat processor sebelumnya.

1985 : Intel386? Microprocessor

Intel 386 merupakan sebuah prosesor yang mempunyai 275.000 transistor yg tertanam diprosessor tadi yg jika dibandingkan menggunakan 4004 memiliki 100 kali lipat lebih poly dibandingkan dengan 4004

1989 : Intel486? DX CPU Microprocessor

Processor yang pertama kali memudahkan berbagai aplikasi yg tadinya wajib mengetikkan command-command menjadi hanya sebuah klik saja, dan memiliki fungsi komplek matematika sebagai akibatnya memperkecil beban kerja pada processor.

1993 : Intel? Pentium? Processor

Processor generasi baru yg bisa menangani aneka macam jenis data misalnya suara, suara, tulisan tangan, dan foto.

1995 : Intel? Pentium? Pro Processor

Processor yg dibuat untuk digunakan pada pelaksanaan server & workstation, yg dibentuk buat memproses data secara cepat, processor ini memiliki 5,5 jt transistor yang tertanam.

1997 : Intel? Pentium? II Processor

Processor Pentium II merupakan processor yg menggabungkan Intel MMX yg dibuat secara khusus buat mengolah data video, audio, dan grafik secara efisien. Terdapat 7.Lima juta transistor terintegrasi pada dalamnya sehingga dengan processor ini pengguna PC dapat mengolah banyak sekali data dan menggunakan internet dengan lebih baik.

1998 : Intel? Pentium II Xeon? Processor

Processor yang dibuat buat kebutuhan pada pelaksanaan server. Intel ketika itu ingin memenuhi strateginya yang ingin menaruh sebuah processor unik buat sebuah pasar tertentu.

1999 : Intel? Celeron? Processor

Processor Intel Celeron adalah processor yang dikeluarkan sebagai processor yang ditujukan buat pengguna yg tidak terlalu membutuhkan kinerja processor yg lebih cepat bagi pengguna yang ingin membangun sebuah system computer dengan budget (harga) yg tidak terlalu besar . Processor Intel Celeron ini mempunyai bentuk dan formfactor yg sama menggunakan processor Intel jenis Pentium, namun hanya dengan instruksi-instruksi yg lebih sedikit, L2 cache-nya lebih mini , kecepatan (clock speed) yg lebih lambat, & harga yang lebih murah daripada processor Intel jenis Pentium. Dengan keluarnya processor Celeron ini maka Intel pulang memberikan sebuah processor buat sebuah pasaran eksklusif.

1999 : Intel? Pentium? III Processor

Processor Pentium III merupakan processor yg diberi tambahan 70 instruksi baru yang secara dramatis memperkaya kemampuan pencitraan taraf tinggi, tiga dimensi, audio streaming, & pelaksanaan-pelaksanaan video dan pengenalan suara.

1999 : Intel? Pentium? III Xeon? Processor

Intel kembali merambah pasaran server dan workstation dengan mengeluarkan seri Xeon tetapi jenis Pentium III yg mempunyai 70 perintah SIMD. Keunggulan processor ini merupakan ia bisa mempercepat pengolahan informasi berdasarkan system bus ke processor , yg pula mendongkrak performa secara signifikan. Processor ini jua didesain buat dipadukan menggunakan processor lain yang homogen.

2000 : Intel? Pentium? 4 Processor

Processor Pentium IV merupakan produk Intel yang kecepatan prosesnya mampu menembus kecepatan sampai tiga.06 GHz. Pertama kali keluar processor ini berkecepatan 1.5GHz dengan formafactor pin 423, setelah itu intel merubah formfactor processor Intel Pentium 4 sebagai pin 478 yang dimulai berdasarkan processor Intel Pentium 4 berkecepatan 1.Tiga GHz hingga yg terbaru yang saat ini sanggup menembus kecepatannya hingga tiga.4 GHz.

2001 : Intel? Xeon? Processor

Processor Intel Pentium 4 Xeon adalah processor Intel Pentium 4 yg ditujukan spesifik buat berperan menjadi computer server. Processor ini mempunyai jumlah pin lebih banyak menurut processor Intel Pentium 4 dan menggunakan memory L2 cache yg lebih akbar jua.

2001 : Intel? Itanium? Processor

Itanium merupakan processor pertama berbasis 64 bit yang ditujukan bagi pemakain dalam server & workstation serta pemakai eksklusif. Processor ini sudah dibuat menggunakan struktur yg benar-sahih berbeda menurut sebelumnya yg berdasarkan dalam desain dan teknologi Intel?S Explicitly Parallel Instruction Computing ( EPIC ).

2002 : Intel® Itanium® 2 Processor

Itanium dua adalah generasi ke 2 berdasarkan keluarga Itanium

2003 : Intel? Pentium? M Processor

Chipset 855, & Intel? PRO/WIRELESS 2100 merupakan komponen dari Intel? Centrino?. Intel Centrino dibuat buat memenuhi kebutuhan pasar akan keberadaan sebuah personal komputer yg gampang dibawa kemana-mana.

2004 : Intel Pentium M 735/745/755 processors

Dilengkapi menggunakan chipset 855 menggunakan fitur baru 2Mb L2 Cache 400MHz system bus & kecocokan dengan soket processor dengan seri-seri Pentium M sebelumnya.

2004 : Intel E7520/E7320 Chipsets

7320/7520 dapat dipakai buat dual processor dengan konfigurasi 800MHz FSB, DDR2 400 memory, and PCI Express peripheral interfaces.

2005 : Intel Pentium 4 Extreme Edition tiga.73GHz

Sebuah processor yang ditujukan buat pasar pengguna personal komputer yang menginginkan sesuatu yang lebih berdasarkan komputernya, processor ini menggunakan konfigurasi 3.73GHz frequency, 1.066GHz FSB, EM64T, 2MB L2 cache, & HyperThreading.

2005 : Intel Pentium D 820/830/840

Processor berbasis 64 bit & diklaim dual core lantaran memakai 2 butir inti, dengan konfigurasi 1MB L2 cache dalam tiap core, 800MHz FSB, dan sanggup beroperasi pada frekuensi 2.8GHz, tiga.0GHz, & tiga.2GHz. Pada processor jenis ini pula disertakan dukungan HyperThreading.

2006 : Intel Core dua Quad Q6600

Processor buat type desktop & dipakai dalam orang yg ingin kekuatan lebih menurut komputer yang beliau miliki mempunyai 2 butir core menggunakan konfigurasi 2.4GHz menggunakan 8MB L2 cache (hingga menggunakan 4MB yg dapat diakses tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power ( TDP )

2006 : Intel Quad-core Xeon X3210/X3220

Processor yang dipakai buat tipe server & mempunyai 2 butir core menggunakan masing-masing mempunyai konfigurasi dua.13 & dua.4GHz, berturut-turut , menggunakan 8MB L2 cache ( bisa mencapai 4MB yang diakses buat tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power (TDP)

Baca Juga :Cara Mempercepat Koneksi Internet Dengan CMD

Tips dan Trik | Mengenal Apa itu Processor Komputer Tips dan Trik | Mengenal Apa itu Processor Komputer Reviewed by Sanjaya on Mei 05, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.