Tips dan Trik | Ini Dia Intel Optane Memory, Kamu Harus Tau

HDD & SSD mampu dikatakan menjadi solusi media penyimpanan yg saling berkebalikan satu menggunakan lain. HDD menawarkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar & dibanderol menggunakan harga murah, tetapi beliau memiliki kecepatan akses yg lamban. Sementara SSD memang lebih mahal & kapasitasnya lebih terbatas, tetapi kecepatan aksesnya mampu mendongkrak performa PC secara signifikan.

Sebagian besar pengguna PC lebih memilih mengkombinasikan keduanya. Mereka menyimpan data yg jarang diakses di HDD & menyimpan pelaksanaan di SSD supaya sanggup beroperasi lebih kencang. Namun bagaimana apabila terdapat sebuah metode yg membuat HDD sekencang SSD?

Itulah yang ingin dihadirkan Intel melalui teknologi Optane Memory. Teknologi tersebut memanfaatkan metodecachesehingga bisa membuat HDD membaca dan menulis data secara lebih cepat.Cachemerupakan bagian memori yang menjembatani antara RAM dengan HDD dan berisikan alamat data yang paling sering diakses oleh PC. Dengan demikian, HDD bisa langsung mengakses data tanpa harus mencari dari urutan blok memori dari awal hingga akhir.

Optane Memory memiliki prinsip yg serupa, namun Intel menyediakan memori menggunakan spesifikasi & kemampuan akses jauh lebih cepat menurut cache biasa. Memori yg dipakai Intel adalah sebuah M.Dua SSD dengan kapasitas bervariasi, yaitu sampai 32GB. Karena memakai interface M.Dua, kecepatan yang dihasilkan sangat tinggi dan hal tersebut membuat akses ke alamat data sebagai semakin cepat.

Lalu apakah benar Optane Memory mampu mempercepat HDD?

Ya, setidaknya hal tadi terpapar dalam pengujian yg kami lakukan. Menggunakan HDD Hitachi Z5K500 dengan kapasitas 500GB, Optane Memory sanggup mendongkrak kecepatan baca & tulisnya secara cukup signifikan. Pengujian sintesis memakai Crystal Disk Mark menampakan bahwa Opatane mampu mendongkrak kecepatan tulis HDD kami hingga hampir dua kali lipat, tepatnya kurang lebih 67 %.

Yang mencengangkan adalah peningkatan pada kecepatan baca di HDD yang kami uji kali ini. Peningkatan kecepatan bacanya terpantau hingga lebih dari 6 kali lipat dari kecepatan baca aslinya. Dari pengujian tersebut jelas mengapa komputer kami bisa di-bootingjauh lebih cepat ketika Optane Memory dinyalakan.

Sayangnya teknologi ini memiliki beberapa limitasi.

Saat ini Optane Memory masih tergolong relatif mahal. Versi 32GB-nya dijual menggunakan harga Rp1,1 juta, relatif buat membeli sebuah HDD baru menggunakan kapasitas hingga 240GB. Selain itu, Anda pula memerlukan komponen khusus yg mendukung teknologi Optane Memory.

Pertama, Anda membutuhkan prosesor Intel Kaby Lake, atau prosesor generasi ke-7. Selanjutnya, Anda membutuhkanmotherboardyang menggunakan chipset terbaru yaitu Intel B250 atau Z270. Dua persyaratan tersebut memang cukup berat mengingat jika Anda beralih dari teknologi lama ke platform Kaby Lake, akan lebih mudah jika Anda juga melakukan upgrade dengan membeli SSD.

Namun pada sisi lain, Optane akan sangat berguna bagi mereka yg memiliki HDD berkapasitas super akbar & ingin diakselerasi ketika beralih ke platform Kaby Lake. Untungnya, peningkatan performa yg ditawarkan tergolong sangat signifikan. Dengan demikian, Anda pula nir akan merugi jika menggunakannya

Kelebihan +                                              Kekurangan -

↑ Performa sangat bagus                        ↓ Harus gunakan platform Kaby Lake

↑ Ringkas                                               ↓  Harga setara SSD 240GB

? Instalasi Muda

Source :MetroTvNews

Tips dan Trik | Ini Dia Intel Optane Memory, Kamu Harus Tau Tips dan Trik | Ini Dia Intel Optane Memory, Kamu Harus Tau Reviewed by Sanjaya on Mei 07, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.